Universitas Ciputra Lepas 580 Enterpreneur Muda

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Universitas Ciputra (UC) yang lebih berfokus pada pembentukan Entrepreneurial Spirit sejak awal, dan merupakan misi serta keunikan mendasar dari UC, tahun ini melepas 580 wisudawan sebagai entrepreneur muda.

Yang menarik, Sepereti dikemukakan Rektor Universitas Ciputra (UC) Ir. Tony Antonio, M.Eng, dari 580 wisudawan yang di lepas pada kesempatan wisuda tanggal 2 dan 3 Oktober 2015 ini, telah mengembangkan 198 bisnis, dengan total omzet lebih dari Rp 12,7 milyar perbulan.

Tony juga menambahkan, bahwa mencari kerja sudah bukan menjadi fokus utama para wisudawan UC, justru fokusnya adalah mengembangkan bisnis yang telah dimulai sejak mereka duduk di bangku kuliah.

“Jadi disaat universitas lain masih berfokus untuk menciptakan pekerja terlatih, kami di UC telah membentuk pencipta lapangan kerja,” jelasnya di acara Wisuda Universitas Ciputra di Surabaya, Sabtu (3/10/2015).

Kondisi ini dimungkinkan, karena selama 4 tahun, pengajaran kurikulum setiap jurusan dikemas dengan Entrepreneurial Spirit sehingga menjadikannya sebuah sistem belajar mengajar yang unik dan mampu meningkatkan keahlian serta kemampuan soft skill mahasiswa pada waktu yang bersamaan.

“Model pengajaran UC adalah menghadirkan dunia nyata dalam setiap kegiatan kampus. Bagai laboratorium hidup, UC melatih anak didiknya untuk berhadapan langsung dengan kasus nyata dalam suatu industri dan organisasi di Grup Ciputra maupun jaringan bisnisnya,” lanjut Tony.

Dengan sistem pembelajaran Problem and Project Based Learning (PBL), setiap mahasiswa diasah kecakapan Entrepreneurship-nya melalui proyek yang berdasar dengan problem nyata.

“Sistem ini membuat mahasiswa berpikir secara kreatif hingga dapat menciptakan kreasi baru,” terangnya.

Lebih jauh Toni juga menjelaskan, bahwa Yayasan juga akan menyediakan Bantuan Modal dengan skema Venture Capital, kepada Proposal Inovasi Bisnis Mahasiswa tingkat akhir yang terpilih, sehingga bermanfaat bagi calon Entrepreneur muda untuk memulai bisnis barunya.

“Sesuai dengan visi kami, UC memberikan apresiasi kepada alumninya dalam bentuk bantuan permodalan & mentoring,” tambahnya.

Selain itu, kiprah bisnis Grup Ciputra juga telah membantu menciptakan jaringan kerjasama, baik dengan Perusahaan dan Organisasi, dalam lingkup lokal maupun internasional. Kerjasama ini mencakup berbagai jenis industry, seperti real estate, manufaktur, layanan jasa dan telekomunikasi, media maupun organisasi profit dan non-profit.

Selain jaringan industri, Universitas Ciputra juga telah mengadakan kerjasama dengan institusi pendidikan baik dalam maupun luar negeri serta organisasi yang bergerak dalam bidang pengembangan kewirausahaan.

“Melalui kerjasama tersebut, mahasiswa akan mendapat kesempatan praktek bahkan mengembangkan jaringannya untuk merintis perusahaan pada masa mendatang,” terang Tony.

Sementara itu, salah satu wisudawan UC yang telah sukses sebagai ‘Facial Architekture’ yaitu Felly Fong, mengatakan bahwa bisnis bukan hanya bicara uang, tetapi dengan membantu orang lain, bisnis akan lebih baik, sukses dan beretika.

“Dalam bisnis, kita jangan hanya bicara masalah uang, tetapi dengan kesungguhan hati membantu orang lain, maka bisnis kita akan semakin dipercaya dan berkembang lebih cepat. Tentu ini akan menghasilkan lebih banyak,” ujar Felly yang saat ini telah menjadi ahli dibidang Skin and Micro Pigmentation, yang cukup dikenal di kancah internasional. (Ep)

Leave a Reply