27.6 C
New York
Selasa, Agustus 9, 2022

Buy now

Universitas Ciputra Terima Kunjungan Duta Besar Fiji Untuk Belajar Enterpreneurship

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Keberhasilan Universitas Ciputra (UC) dalam menerapkan metode pembelajaran entrepreneurship pada anak didiknya, yang dapat dilihat dari keberhasilan para lulusannya, telah membuat banyak pihak tertarik untuk melihat lebih jauh.

Kunjungan Duta Besar Fiji ke Universitas Ciputra Surabaya

Kenyataan ini pula yang membawa Dubes Fiji tertarik untuk berkunjung ke UC guna mempelajari lebih jauh tentang Entrepreurship Indonesia.

Dikatakan Kepala Inkubator Bisnis Universtas Ciputra Surabaya, Suryani Halim, S.E., Kunjungan  dan diskusi terkait entreprenurship kali ini adalah yang kedua kalinya dilakukan Duta Besar Fiji, setelah kunjungan yang pertama pada tahun 2014 lalu.

“Kunjungan kali kedua ini, Duta Besar Fiji membawa tim sejumlah 6 orang untuk mengadakan diskusi lebih banyak tentang Entreprenurship dan metode pembelajarannya, yang akan diadopsi oleh Fiji,” terangnya, Rabu (11/11/2015) .

Suryani menambahkan bahwa ketertarikan pemerintah Fiji ini tidak terlepas dari Visi Bapak Ir. Ciputra yang ingin menciptakan 4 juta orang entrepreneur baru di Indonesia dalam kurun waktu 25 tahun kedepan, yang berasal dari segala latar belakang keluarga seperti nelayan, buruh, pegawai negeri, tentara, maupun pegawai.

“Inilah yang semakin meyakinkan pemerintah Fiji untuk berlajar entrepreneurship di Universitas Ciputra,” lanjut Suryani.

Kenyataan ini sangat relevan dengan kondisi dan kebutuhan Fiji dalam mengembangkan dan membangun negaranya. Hal ini diakui Prof. Nii-K Plange, Professor in Interdisiplilinary Studie & Research, Department of Ethics & Governance, Fiji National University, yang memaparkan bahwa dengan jumlah penduduk hanya 950 ribu jiwa, dan memiliki 71 institusi pendidikan, namun tingkat pengangguran di Fiji masih sangat tinggi.

“Ini karena generasi muda berfokus pada pencarian pekerjaan dan bukan pada penciptaan  lapangan pekerjaan baru. Bahkan lulusan-lulusan terbaik Fiji yang menyandang gelar Ph.D. lebih memilih menetap di negara lain,” terangnya.

Untuk menunjukkan keseriusan Fiji dalam melakukan pembelajaran entrepreneurship, langkah pertama yang diambil adalah dengan mengirim 2 orang pemerintahan, anggota rombongan, sebagai wakil untuk training entrepreneurship selama 2 hari di Ciputra Jakarta yang kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke Universitas Ciputra Surabaya.

Dubes Fiji kembali terkesima dengan penerapan spirit entrepreneurship pada setiap mata kuliah di semua program studi di UC ini. Dan selanjutnya Pemerintah Fiji akan mengadakan kerjasama dengan Universitas Ciputra terkait pembelajaran entrepreneurship yang akan diterapkan di sistem pembelajaran Fiji. (Ep)

Related Articles

Stay Connected

22,764FansSuka
3,432PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles