Wanala Unair Gelar Green Running

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Berolahraga sambil menyadari bahwa isu lingkungan itu patut untuk diperhatikan. Itulah yang menjadi alasan bagi para anggota

Unit Kegiatan Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Airlangga (UKM Wanala Unair) menyelenggarakan acara ‘Green Running: Surabaya Bebas Sampah 2020’, yang dilakukan sore hari, dan diikuti oleh 157 peserta lari yang terdiri dari berbagai komunitas pelari penghobi olahraga lari di Kota Surabaya.

Wanala Unair Ajak Masyarakat Berolahraga Sambil Peduli Lingkungan

Rute yang ditempuh oleh pelari, sebagaimana yang ditetapkan panitia, berjarak lima kilometer dengan rute tempuh Kampus C Unair menuju ke pertigaan arah Kenjeran dan kembali ke Kampus C Unair.

Persoalan lingkungan yang dijadikan tema oleh panitia Wanala Unair ini bukan tanpa alasan. Panitia green running Wanala Unair menyediakan satu botol tumbler (sejenis botol yang bisa dipakai berkali-kali) yang wajib dibawa oleh setiap peserta lari.

“Acara green running ini bukan sebuah kompetisi lari yang cepat yang menang, tetapi kami mengajak peserta lari untuk membiasakan diri mengurangi sampah botol plastik. Memang agak susah, ya, tetapi kami berharap bahwa mereka tidak terburu-buru karena ini memang bukan kompetisi,” tutur Weni Pamulatsih, salah satu panitia green running Wanala Unair, Sabtu (16/4/2016).

Weni menambahkan bahwa panitia green running menyediakan galon air isi ulang di dua titik yakni di Kampus C dan di tengah-tengah rute.

Selain acara lari, ada juga bazar dan pentas musik yang disediakan oleh panitia Wanala Unair. Stan bazar dipenuhi oleh komunitas yang bergerak di bidang lingkungan hidup, dan stan sponsor minuman susu.

Kegiatan lari sore merupakan rangkaian peringatan ulang tahun ke-42 Wanala Unair yang bertajuk ‘Wanafest” (Wanala Nature Festival). Selain kegiatan lari, anggota Wanala Unair juga sudah sukses mengadakan seminar ekoturisme, pengabdian masyarakat di Desa Ranupani, Jawa Timur, dan perlombaan panjat tebing. (EP)

Leave a Reply