2.1 C
New York
Jumat, Desember 9, 2022

Buy now

Bambang Haryo : Bunga UMKM Masih Terlalu Tinggi

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Anggota Komisi VI DPR Bambang Haryo Soekartono menilai kebijakan pemerintah dalam memberikan kredit murah bagi para pelaku usaha Unit Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia masih belum tepat.

Anggota Komisi VI DPR Bambang Haryo Soekartono saat berkunjung ke kantor Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) di Surabaya, Kamis (5/11/2015)

Pemberian bunga kredit untuk UMKM diangka 12 persen menurut Bambang masih terhitung tinggi dan belum dilakukan revisi, padahal sudah sejak lama Komisi VI DPR RI membahas mengenai bunga kredit UMKM di Indonesia ini dan mengusulkan agar bunga kredit bagi UMKM dibawah 6 persen.

Lebih jauh Ia menambahkan, mestinya pemerintah bisa meniru kebijakan Malaysia untuk memberikan kredit murah bagi para pelaku usaha. Sebab, negara tetangga itu dinilai sukses karena memberikan kredit murah kepada para pelaku UMKM.

“Di Malaysia, bunga kredit UKM mereka 1/3 dari komersial. Bila dalam 2 tahun mereka mengalami kemajuan, maka bunga sama pinjamannya dihapus. Para pelaku UMKM di sana hanya membayar pajak. Ini yang perlu diperhatikan oleh pemerintah,” kata Bambang saat berkunjung ke kantor Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) di Surabaya, Kamis (5/11/2015).

Bambang juga mengingatkan untuk masalah perijinan bagi investor asing dan UMKM yang masih terkesan diskriminasi, dimana untuk investor asing bisa 3 jam selesai, tapi perizinan UMKM bisa sampai berbulan-bulan.

“Ini benar. Seperti sewaktu saya cek sendiri di Nusa Tenggara Barat (NTB),” terang politikus Partai Gerindra itu. (Ep)

Related Articles

Stay Connected

22,764FansSuka
3,601PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles