27.1 C
New York
Sabtu, Agustus 13, 2022

Buy now

Bambang Haryo : Kebakaran Hutan, Presiden Jangan Salahkan Rakyat

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengklaim sebagian masyarakat Indonesia menjadi penyebab kebakaran hutan karena membudayakan bakar hutan dalam pembukaan lahan baru, mendapat kecaman dari anggota Komisi VI DPR RI, Bambang Haryo.

“Bagi saya, kebakaran hutan di Indonesia adalah murni karena cuaca dan lambatnya penanganan Pemerintah,” katanya kepada wartawan, Jumat (25/9/2015).

Menurut Bambang, pemerintah seharusnya mengutamakan penanggulangan kebakaran hutan di lebih dari 2.000 titikk api di seluruh Indonesia.

“Sebagian besar hutan Kalimantan dan Sumatera, dan bahkan lahan perkebunan sawit serta lahan BUMN Perhutani juga terbakar,” lanjutnya.

Bahkan menurut Bambang, kebakaran tersebut sudah meluas hingga Pulau Jawa. Seperti terjadi di Gunung Slamet, Gunung Welirang, dan Gunung Lawu.

“Harusnya pemerintah tidak menyalahkan masyarakat, karena masyarakatlah yang paling menderita akibat kabut asap yang ditimbulkan oleh kebakaran hutan. Baik itu masalh menghambat ekonomi hingga berbagai penyakit seperti ISPA dan lain sebagainya,” kata Bambang.

Bambang juga mendesak pemerintah segera melakukan pencegahan dini dan penanggulangan lebih cepat terhadap kebakaran hutan. Selain itu pemerintah harus menyiapkan strategi yang matang untuk pencegahan dini kebakaran hutan.

“Jangan menyalahkan rakyat kecil, lalu menangkap mereka yang tidak bersalah. Masyarakat butuh pertolongan segera. Apa masuk akal hutan lindung, kebun kelapa sawit dan lahan perhutani dibakar pemiliknya?” katanya. (Edmen Paulus)

Related Articles

Stay Connected

22,764FansSuka
3,434PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles