3.4 C
New York
Senin, Desember 5, 2022

Buy now

DPS Online Diluncurkan, KPU Dorong Masyarakat Pastikan Namanya Tercantum

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah me-launching Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada Serentak 2015 yang dapat diakses secara online, Kamis (10/9/2015).

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Data KPU Surabaya, Nurul Amalia mengatakan, dengan diluncurkannya DPS yang bisa diakses secara online tersebut, masyarakat Surabaya sebagai pemilih semakin dimudahkan untuk memastikan apakah namanya sudah terdaftar dalam Pilwali Surabaya 2015.

”DPS Online khusus untuk Surabaya, bisa di cek melalui www.kpu-surabayakota.go.id. Sedangkan bagi pengguna smartphone, informasi yang sama juga bisa diakses secara mudah dengan men-download di playstore android dengan mengetik KPUKota Surabaya,” ungkap Nurul, Jumat (11/9/2015).

Selain itu menurut Nurul, informasi yang sama juga sudah ditempelkan di kelurahan atau balai RW masing-masing. Dimana intinya kepada masyarakat diharapkan mau memastikan apakah namanya sudah terdaftar atau belum.

”Apabila belum terdaftar, silakan melapor ke PPS di masing-masing kelurahan,” kata Nurul.

Berdasarkan hasil rekapitulasi dan pemutakhiran hasil pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih yang sebelumnya dilakukan, jumlah DPS di Surabaya saat ini adalah sebanyak 2.069.246 orang. Angka itu terdiri dari 1.011.076 pemilih laki-laki dan 1.057.540 pemilih perempuan.

Sesuai namanya, daftar pemilih ini masih belum bersifat final. Sebelum nantinya akan dilakukan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), besar kemungkinan angka yang sebelumnya ditetapkan sebagai DPS mengalami perubahan, baik berkurang maupun bertambah. Karena itulah, selama kurun waktu 10 September hingga 19 September 2015 KPU Surabaya membuka kesempatan bagi masyarakat untuk memberikan tanggapan terkait DPS yang sudah ada.

“Nanti akan ada perbaikan DPS pada 20 September sampai 25 September 2015. Selanjutnya pada tanggal 1 Oktober sampai 2 Oktober mendatang akan dilakukan penetapan DPT,” lanjutnya.

Nurul juga mengingatkan masyarakat Surabaya untuk benar-benar menghargai dan mempergunakan hak suaranya. Bagaimanapun, satu suara pemilih akan sangat berperan penting untuk menentukan siapa yang akan menjadi pemimpin Kota Surabaya selama lima tahun mendatang.

“Hak pilih jangan sampai disia-siakan. Siapa pemimpin Surabaya mendatang akan sangat menentukan arah pembangunan kota ini,” pungkas Nurul. (Edmen Paulus)

Related Articles

Stay Connected

22,764FansSuka
3,596PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles