-1.8 C
New York
Sabtu, Januari 23, 2021

Buy now

Gubernur Siapkan Pengganti Risma




SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Gubernur Jatim Soekarwo telah menyiapkan beberapa pejabat (Pj) bupati/walikota untuk beberapa daerah di Jatim yang akan berakhir masa jabatan walikota/bupatinya. Prioritaskan adalah para kepala daerah yang habis masa jabatannya pada Agustus dan September ini.

Gubernur Jatim Soekarwo (tengah) bersama jurnalis kabarsurabaya.com Edmen Paulus (kanan)
Termasuk salah satunya untuk walikota Surabaya Tri Rismaharini yang akan berakhir masa jabatannya pada 28 September 2015 nanti.
Khusus untuk Surabaya, Inspektur Wilayah Provinsi Jatim, Nurwiyanto, sepertinya hampir pasti akan menggantikan posisi Tri Rismharini dalam kurun waktu ke depan. Minimal sampai dilantiknya kepada daerah baru Kota Surabaya.

Dan seandainya Pilwali Surabaya sampai diundur pada 2017, maka selama dua tahun ini pula Kepala Inspektorat Wilayah Provinsi Jatim itu akan memimpin Kota Pahlawan Surabaya.

Selain Surabaya, sejumlah daerah yang sudah dipastikan bakal dipimpin Pj adalah Jember, Situbondo, Gresik, Lamongan, Pacitan dan daerah lain.

Kepastian itu disampaikan Gubernur Jatim Soekarwo usai Pertemuan Kerja Paguyuban Rektor se-Jatim di Bank Jatim. Informasi yang diterima, selain Nurwiyanto, sejumlah pejabat eselon di Pemrov Jatim telah ditetapkan sebagai Pj oleh Pakde Karwo.

Diantaranya adalah Kabupaten Gresik yang akan diisi Akmal Budianto (Badiklat), Bupati Jember sementara akan dijabat Supaad (Kadis Pengairan), Bupati Stubondo dipercayakan kepada Zainal Muhtadin (Bakesbangpol), Ngawi dipercaya Sujono (Arsip Perpustakaan), Pj Bupati Blitar Maskur (Peternakan), Kediri dijabat Idrus (Asisten I), sementara Lamongan dipercayakan kepada Wahid Wahyudi (Kepala Dishub).

Pakde Karwo menyatakan, dalam waktu dekat ini keputusan Mendagri sudah turun. Terutama empat daerah, yakni Surabaya, Gresik, Jember, dan Situbondo. Mengingat di empat wilayah tersebut masa akhir jabatan kepala daerah antara Agustus sampai September.

“Sesuai aturan, satu bulan sebelum masa jabatan habis, harus sudah ada Pj. Dan kami sudah mengirim nama-nama itu ke Mendagri. Secepatnya akan turun,” kata Pakde Karwo.

Pakde Karwo berhak mengirimkan tiga nama untuk mengisi Pj di sejumlah daerah itu. Dari tiga nama itu akan dipilih satu untuk ditetapkan sebagai Pj. Pakde Karwo menyatakan ada 13 nama calon Pj yang telah dikirimkan, namun baru lima daerah yang turun. (Edmen Paulus)




Related Articles

Stay Connected

21,397FansSuka
2,508PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles