3.6 C
New York
Jumat, Desember 9, 2022

Buy now

Gus Ipul : Provinsi Madura Bisa Dilakukan Selama Aturan Perudangannya Dipenuhi

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Santernya pemberitaan mengenai rencana deklarasi Pulau Madura menjadi provinsi sendiri, ditanggapi santai oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Gus Ipul menilai, kabar tersebut sebagai aspirasi warga Madura yang harus direspons oleh pemerintah, meski sebagai representasi pemerintah, dia mengaku tidak mendukung atau menolak. Namun, aspirasi dari tokoh masyarakat Madura tersebut akan dipertimbangkan.

“Karena ini aspirasi warga, ya kami akan tampung dan kami akan diskusikan dengan pihak terkait,” kata Gus Ipul, saat di tanya wartawan seusai membuka Pameran Otomotif Surabaya (POS), Rabu (4/11/2015).

Mengenai salah satu alasan munculnya semangat pembentukan Madura sebagai provinsi yang dikarenakan adanya kesenjangan pembangunan di Pulau Madura dibanding dengan daerah lain, Gus Ipul mengatakan bahwa pembangunan tidak dapat dilakukan secara cepat.

“Ya semua kan ada aturannya. Dibanding Madura, masih banyak daerah yang lebih jauh tertinggal, tapi semuanya sedang berjalan proses pembangunannya,” terangnya.

Lebih jauh Gus Ipul juga mengatakan bahwa, untuk menjadi provinsi bukan hal yang gampang begitu saja, tetapi ada aturan-aturan hukumnya yang tidak bias ditabrak begitu saja. Misalnya harus punya minimal 5 kota atau kabupaten, punya SDM yang memadai, dan juga yang lain.

“Kita kan sudah bisa membandingkan dengan pembentukan beberapa provinsi di luar jawa. Semua kan butuh waktu yang cukup lama karena harus mempersiapkan semua syarat-syarat yang ditentukan undang-undang,” terang Gus Ipul.

Seperti diketahui, sejumlah tokoh masyarakat Madura yang mengatasnamakan Panitia Persiapan Pembentukan Provinsi Madura (P4M) berencana akan mendeklarasikan berdirinya Provinsi Madura, yang rencananya akan dilakukan berbarengan dengan peringatan Hari Pahlawan.

Acara deklarasi Madura sebagai provinsi baru itu diklaim sudah mendapat dukungan dari empat bupati di Pulau Madura, yaitu Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep. Alasan menjadikan Madura sebagai provinsi antara lain, selama ini pemerintah dinilai menganaktirikan dan tidak pernah memperhatikan Madura. (Ep)

Related Articles

Stay Connected

22,764FansSuka
3,601PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles