6.9 C
New York
Selasa, Desember 6, 2022

Buy now

KPU Kota Surabaya dan Perludem Persiapkan ‘Pemilu Apps Challenge Regional Surabaya’

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya akan menjadi KPU kabupaten/kota pertama yang menyelenggarakan pemilu dengan prinsip open data, salah satunya dengan menyelenggarakan kompetisi “Pemilu Apps Challenge Regional Surabaya” pada bulan November nanti.

Kompetisi ini menurut Komisioner KPU Kota Surabaya, Purnomo Satriyo Pringodigdo, diawali dengan beberapa kegiatan, seperti diskusi dan pelatihan open data bagi jajaran staf pada 7 Oktober di Kantor KPU Kota Surabaya, dan sosialisasi kepada komunitas pembuat aplikasi di DILO ITS.

“Ini merupakan bentuk komitmen kuat KPU Kota Surabaya dalam keterbukaan data dan informasi untuk mendorong perluasan partisipasi Pilkada 2015,” katanya.

Partisipasi di Pilkada menurutnya, bukan hanya berbentuk aktivitas memilih di TPS tapi juga bagaimana terlibat di dalam tahapan panjang Pilkada dan pasca-keterpilihan calon hasil Pilkada.

“Kami memaksimalkan semua kemungkinan upaya mendekatkan informasi kepemiluan kepada masyarakat, salah satunya adalah dengan membuat aplikasi dan menyelenggarakan kompetisi Pemilu Apps Challenge Regional Surabaya,” tambah Purnomo.

Bagi Perludem, Kota Surabaya bisa menghubungkan antusiasme open data dan developer di Indonesia Barat, Tengah, dan Timur. Sebelumnya, partisipasi pegiat open data dan aplikasi digital sangat tinggi saat kompetisi Aplikasi Pemilu diselenggarakan dua kali di Jakarta pada momen Pemilu Legislatif dan Pilpres 2014 lalu.

“Acara ini diadakan agar komunitas pembuat aplikasi dapat berdiskusi langsung dengan KPU Kota Surabaya, sebagai persiapan kompetisi Apps Challenge 3.0,” kata Program Officer Open data Perludem, Diah Setiawaty di Surabaya (6/10/2015).

Keterbukaan berprinsip open data bukan saja soal teknis layanan dan penggunaan perangkat. Open data pun merupakan paradigma. Prinsip digitalisasi, hak mengkopi, format data, dan tingkat inklusifitas akses dan layanan membedakan open data dengan keterbukaan data lainya.

API Pemilu adalah open data platform untuk informasi pemilu Indonesia yang akan digunakan sebagai media untuk menyediakan banyak aplikasi dan website dalam mengakses data pemilu. Perludem dan partner secara terbuka dan bebas memberikan akses data tanpa biaya apapun.

API Pemilu akan digunakan dengan berbagai cara kreatif melalui aplikasi mobile dan web. Tujuannya memberikan informasi kepada masyarakat serta meningkatkan partisipasi masyarakat melalu beragam aplikasi kreatif dan seru yang dibuat para developer.

API Pemilu memberikan kemudahan dalam berbagi data, memesan kembali, dan pengolahan dengan aplikasi dari pihak ketiga mengenai informasi pemilu yang tersedia untuk masyarakat.

Ini dikarenakan, web dan aplikasi dapat menghasilkan banyak data pemilu gratis yang dapat digunakan dengan berbagai cara yang kreatif untuk menyediakan informasi penting terhadap para pemilih.

Aktivitas open data dan kompetisi aplikasi di Pemilu 2014 berhasil meningkatkan partisipasi warga. Diharapkan keberhasilan KPU dalam membuka data dan informasi serta mendorong ragam bentuk partisipasi di pemilu bisa terulang. (Ep)

Related Articles

Stay Connected

22,764FansSuka
3,600PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles