KPU Siapkan 38.508 TPS untuk Penyandang Disabilitas

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Komisi Pemeilihan Umum (KPU) Jawa Timur memberikan perhatian serius bagi hak-hak penyandang disabilitas di Pilkada 2015 kali ini.

Semua kebutuhan surat suara, untuk penyandang disabilitas, khususnya penyandang tuna netra, sudah disiapkan. Hal ini terlihat dari apa yang dikemukakan Komisioner KPU Jatim, Choirul Anam, yang menyatakan untuk penyandang disabilitas sudah tidak ada masalah saat akan memberikan suaranya di tempat pemungutan suara (TPS) dalam Pilkada serentak mendatang.

“Kami telah disediakan alat berupa template braile di setiap TPS. Dan bagi yang tidak mampu membaca braile, diperkenankan didampingi keluarga atau orang dekatnya dengan mengisi form bantuan khusus,” terangnya, Kamis (8/10/2015).

Yang pasti menurut Choirul Anam, KPU tetap akan memberikan hak suara mereka untuk menyalurkan pilihannya dalam Pilkada serentak mendatang.

Mereka ini adalah WNI yang mendapatkan perlindungan dalam setiap pelaksanaan pesta demokrasi,” tambahnya.

Sesuai data yang diserahkan 18 KPU se-Jatim, peringkat pertama penyandang disabilitas adalah dari tuna daksa sebanyak 7.604 orang, kemudian disabilitas lainnya sebanyak 3.828, disusul tuna wicara/rungu 3.459, tuna netra 3.077, dan tuna grahita 2.657 orang.

Untuk TPS yang disediakan bagi penyandang disabilitas tertinggi ada di Kabupaten Jember mencapai 4.347 TPS, disusul Surabaya 3.936 kemudian Kota Malang 3.672 TPS.

“Sesuai data yang masuk ke KPU Jatim, total TPS yang disediakan mencapai 38.508 TPS yang tersebar di 363 Kecamatan serta 4.541 desa di 19 Kabupaten/Kota se-Jatim,” pungkas mantan Komisioner KPU Kota Surabaya ini. (Ep)

Leave a Reply