-0 C
New York
Jumat, Desember 2, 2022

Buy now

KPU Siapkan Debat Publik Tahap Kedua

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya akan menggelar debat publik kedua, Jumat (6/11/2015). Dan sebagai persiapannya, Rabu (4/11/2015) KPU menggelar pertemuan yang dihadiri jajaran Komisioner, dua tim pemenangan pasangan calon walikota dan wakil walikota Surabaya, Polrestabes Surabaya dan Polrestabes Tanjung Perak, serta tim dari JTV.

“JTV turut hadir dalam rapat karena dalam debat kedua nanti, akan ditayangkan secara live oleh stasiun televisi ini,” ujar Robiyan Arifin, Ketua KPU Surabaya.

Dijelaskan Robiyan, debat kedua akan berlangsung mulai pukul 19.30 WIB hingga 21.00 WIB di Hotel Shangri-la. Sedangkan topik debat yang akan diangkat adalah “Memperkokoh NKRI dan Kebangsaan”.

Tema ini menjadi penting mengingat tantangan yang akan dihadapi pemimpin Surabaya juga terkait dengan upaya-upaya mempertahankan NKRI dari ancaman paham-paham dan ideologi yang berseberangan dengan nilai-nilai Pancasila, yang gejalanya akhir-akhir ini memang mulai bermunculan.

“Dengan adanya pertemuan ini, kami harap masing-masing pasangan calon bisa segera mempersiapkan diri, khususnya terkait topik debat,” lanjutnya.

Dalam pertemuan ini, kepada masing-masing tim pemenangan pasangan calon, Robiyan juga mengimbau agar mereka hanya membawa atribut sesuai dengan kesepakatan sebelumnya, serta meminta komitmen mereka untuk menjaga ketertiban saat debat yang disiarkan secara live itu berlangsung nantinya.

“Bagaimanapun, tertib atau tidaknya para rombongan pendukung pasangan calon, bisa jadi akan menjadi pertimbangan dari masyarakat untuk memberikan dukungannya atau tidak,” terang Robiyan.

Tak hanya itu, Robiyan juga mengingatkan bahwa Panwaslu juga akan turut memantau jalannya debat, sehingga jangan sampai ada tim pemenangan pasangan calon yang dianggap melakukan pelanggaran.

“Debat kandidat ini adalah salah satu proses kampanye sehingga panwas juga melakukan pengawasan jangan sampai melanggar “ tambahnya.

Sedangkan Komisioner KPU Surabaya divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Pengembangan Informasi, Nur Syamsi mengingatkan kepada masyarakat, khususnya calon pemilih di Surabaya, untuk memanfaatkan debat kandidat ini sebagai ajang untuk mengenal lebih dekat profil kedua pasangan calon.

“Lewat debat ini, masyarakat bisa tahu bagaimana profil calon pemimpinnya. Jadi diharapkan pada 9 Desember nanti, saat pemungutan suara, mereka tahu siapa yang akan mereka pilih,” kata Nur Syamsi. (Ep)

Related Articles

Stay Connected

22,764FansSuka
3,591PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles