20.2 C
New York
Rabu, Juni 16, 2021

Buy now

KPU Sosialisasikan Pembukaan Pendaftaran




SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Menindaklanjuti surat edaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI perihal pembukaan kembali pendaftaran pasangan calon di tujuh kota/kabupaten yang hanya memiliki pasangan tunggal, KPU Kota Surabaya menggelar sosialisasi dengan mengundang perwakilan parpol di Surabaya, Jumat (7/8/2015).

Ketua KPU Kota Surabaya Robiyan Arifin (paling kanan) dan Ketua Panwas Pilwali Surabaya Wahyu Haryadi (tengah) memberikan penjelasan kepada parpol dan instansi terkait mengenai pembukaan kembali pendaftaran pasangan calon.
Sosialisasi ini adalah yang kedua setelah sebelumnya, Kamis (6/8/2015), sosialisasi ditujukan kepada media massa dan para Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Ketua KPU Surabaya, Robiyan Arifin mengungkapkan, dalam sosialisasi kali ini pihaknya kembali menyampaikan mengenai syarat-syarat pencalonan untuk pasangan yang diusung parpol maupun gabungan parpol.

“Kami harap parpol sudah mengetahui apa-apa saja yang menjadi syarat pencalonan sehingga kendala-kendala yang mungkin muncul bisa dituntaskan dengan segera,” ujar Robiyan Arifin.

Dia juga menyatakan, latar belakang munculnya rekomendasi dari Bawaslu untuk membuka kembali pendaftaran pasangan calon ini adalah untuk melindungi hak-hak konstitusional warga negara.

“Hak yang dimaksud adalah hak untuk memilih maupun dipilih. Kalau nantinya saat pendaftaran sudah dibuka kembali dan masih tidak ada yang daftar, maka mekanisme selanjutnya kami serahkan ke KPU RI. Yang jelas kami berharap kesempatan ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh parpol,” lanjutnya.

Seperti diketahui, KPU Surabaya kembali memperpanjang masa pendaftaran pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Surabaya 2015, setelah turunnya rekomendasi dari Bawaslu untuk memperpanjang atau membuka kembali pendaftaran pasangan calon bupati/walikota dan wakil bupati/wakil walikota, di tujuh kabupaten/kota.

Rekomendasi tersebut ditindaklanjuti KPU RI dengan mengeluarkan surat edaran bernomor 449/KPU/VIII/2015 yang menyatakan kepada KPU di tujuh kabupaten atau kota yang pilkada-nya hanya diikuti oleh satu pasangan calon, agar membuka kembali masa pendaftaran.

Ditambahkan komisioner Bidang Hukum, Pengawasan, dan SDM KPU Kota Surabaya, Purnomo Satriyo Pringgodigdo, pendaftaran pasangan calon akan dibuka kembali pada 9 hingga 11 Agustus 2015 mendatang.

“Perpanjangan masa pendaftaran ini tentu saja berdampak terhadap tahapan-tahapan pelaksanaan pilkada. Namun yang jelas, pemungutan suara tetap akan berlangsung pada 9 Desember 2015 mendatang,’ terangnya.

Dia menjelaskan, tahapan-tahapan yang berubah di antaranya adalah pemeriksaan kesehatan sampai tanggal 15 Agustus 2015, penyampaian hasil pemeriksaan kesehatan sampai dengan tanggal 16 Agustus 2015, penelitian syarat pencalonan dan syarat calon pada 11 hingga 17 Agustus 2015, perbaikan syarat pencalonan dan atau syarat calon pada 19 Agustus 2015 hingga 22 Agustus 2015.

“Untuk penelitian hasil perbaikan syarat pencalonan akan mundur menjadi tanggal 23 sampai 29 Agustus, lalu tanggal 30 Agustus penetapan, dan tanggal 31 Agustus sampai 1 September baru pengundian nomor urut,” kata Purnomo.

“Sedangkan untuk kampanye yang semula dijadwalkan 27 Agustus, diundur menjadi 2 September sampai 5 Desember 2015. Ini berlaku hanya untuk Surabaya dan enam daerah lain yang harus melakukan perpanjangan masa pendaftaran,” pungkasnya. (Edmen Paulus)




Related Articles

Stay Connected

21,995FansSuka
2,508PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles