KPU Surabaya Gelar Lomba Update Status Facebook

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Sebagai media sosial yang paling popular, keberadaan Facebook nampaknya mampun menarik perhatian Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya, untuk menjadikannya sarana sosialisasi tentang pemilu kada Surabaya.

Untuk itu, KPU Kota Surabaya menggelar lomba update status Facebook terkait pelaksanaan Pilwali Surabaya 2015.

Menurut Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Pengembangan Informasi, Nur Syamsi, lomba ini akan membidik para pemilih pemula yang terdiri dari pelajar SMA dan mahasiswa.

“Target peserta kami adalah pelajar SMA dan Mahasiswa yang tercatat sebagai warga Surabaya dan ditandai dengan kepemilikan KTP Surabaya. Pada Pilwali Surabaya 2015 kali ini, mereka tentunya memiliki hak suara,” kata Nur Syamsi, Senin (2/11/2015).

Nur Syamsi juga menambahkan, pemilih pemula di Surabaya harus didorong keterlibatannya dalam Pilwali, karena jumlahnya yang cukup besar sehingga menjadikannya berpengaruh terhadap perolehan suara para pasangan calon.

“Ini sejalan dengan misi KPU sejak awal, yang ingin meningkatkan partisipasi pemilih,” terangnya.

Namun diakui Nur Syamsi, para pemilih pemula ini relative belum banyak mendapatkan edukasi yang cukup gencar terkait peran pentingnya dalam menentukan arah pembangunan kota Surabaya.

“Karena itulah maka sebelum lomba digelar, kami akan mengadakan sosialisasi yang sekaligus untuk mengumumkan agenda lomba ini,” urainya.

Terkait teknis pelaksanaan lomba tersebut, saat ini memang masih sedang digodok. Namun yang pasti, hadiah total yang ditawarkan cukup besar, yakni hingga mencapai Rp 25 juta.

Dengan adanya hadiah yang cukup besar ini, KPU Surabaya berharap antusiasme para pemilih pemula dalam lomba tersebut akan ikut terdorong.

“Tujuan akhirnya, tentu saja kami berharap pada 9 Desember 2015 nanti mereka ikut menggunakan hak pilihnya,” sambung dia.

Untuk mensosialisasikan pelaksanaan lomba ini, KPU Surabaya akan mendatangi 205 sekolah SMA, SMK, MA (Madrasah Aliyah), ataupun yang sederajat. Pelaksanaan lomba itu sendiri rencananya akan dimulai pada 10 November 2015. (Ep)

Leave a Reply