20.1 C
New York
Senin, Agustus 15, 2022

Buy now

KPU Surabaya : Surat Suara Pilwali Surabaya Selesai Pertama Kali

SURABAYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya telah menyelesaikan cetak surat suara Pilwali Kota Surabaya 2015. Surat suara dari tempat percetakan di Klaten Jawa Tengah  tiba di KPU Surabaya dengan dikawal dua personel dari Polrestabes Surabaya, Selasa (10/11/2015).

Surat suara pilwali Surabaya tiba di KPU Kota Surabaya

Sebagaimana diketahui, dalam penetapan calon walikota dan wakil walikota, KPU Kota Surabaya memang paling akhir di Jawa Timur. Namun, penyelesaian cetak surat suara di Surabaya menjadi yang paling awal dibandingkan kabupaten/kota lain di Jawa Timur.

Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Perencanaan, Keuangan, Logistik, dan Urusan Rumah Tangga, Miftakhul Ghufron, S.Ag, mengungkapkan bahwa ini merupakan komitmen KPU Kota Surabaya dalam mensukseskan Pilwali Surabaya.

“Surat suara yang dikirim sudah memenuhi kebutuhan yang ditetapkan untuk Pilwali Surabaya  yaitu sesuai dengan jumlah DPT ditambah dengan cadangan sebanyak 2,5%  per TPS,” papar Ghufron.

Ghufron menambahkan, tahapan selanjutnya adalah penyortiran dan pelipatan yang akan dimulai pada tanggal 12 – 25 November. Agar segera tuntas, kegiatan ini akan dilaksanakan oleh sekitar 100 tenaga kerja yang terbagi dalam dua shift dan memang sudah terbiasa bekerja dalam bidang sortir dan lipat surat suara .

Penyortiran sebenarnya sudah dilakukan di percetakan. Namun, untuk menjaga kerusakan pada saat pelipatan seperti lubang, sobek, dan pemotongan yang tidak pas, dilakukan penyortiran ulang.

“Sortir juga dilakukan pada surat suara yang terkena kotoran dari tinta yg menempel dan warna luntur, “ jelas Ghufron.

Diharapkan sesuai dengan jadwal yaitu  tanggal 25 November 2015, proses pelipatan surat suara sudah selesai.

“Tinggal pengesetan surat suara per kecamatan yang akan dilakukan di kantor KPU Surabaya. Setelah itu pendistribusian surat suara ke kecamatan lima hari hari menjelang pemungutan suara. Sehingga, H-1 surat suara sudah berada di TPS,“ pungkasnya. (Ep)

Related Articles

Stay Connected

22,764FansSuka
3,437PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles