KPU Surabaya Teken MOU dengan Pusat Akses Penyandang Disabilitas (PAPD)

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya dan Pusat Akses Penyandang Disabiilitas (PAPD), menandatangai nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) terkait penyediaan kemudahan akses untuk para penyandang disabilitas yang memiliki hak pilih dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Surabaya 2015.

Ketua KPU Surabaya, Robiyan Arifin mengungkapkan, penandatanganan ini adalah wujud komitmen KPU Surabaya untuk memfasilitasi hak suara seluruh warga Surabaya.

Menurutnya, keterbatasan fisik seseorang tidak boleh menjadikan hambatan bagi orang tersebut untuk ikut dalam pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Surabaya. Agar keterbatasan fisik itu tidak sampai menjadi penghambat, maka negara harus hadir untuk memberikan layanan.

“Karena itu, KPU akan memberikan dukungan bagi para penyandang disabilitas dalam menyalurkan hak pilihnya, dengan menyediakan alat bantu coblos di lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS),” kata Robiyan Arifin, saat di Kantor KPU Surabaya, Senin (12/10/2015).

Melalui upaya ini, menurut Robi, pihaknya juga ingin agar partisipasi masyarakat dalam pilwali 2015 meningkat dibanding Pilwali sebelumnya.

Sementara Ketua Pusat Akses Penyandang Disabilitas Jawa Timur, Wuri Handayani, menyambut baik penandatanganan nota kesepahaman tersebut.  Menurutnya, hal ini adalah perwujudan dari penghargaan negara terhadap Hak Asasi Manusia yang juga dimiliki oleh para penyandang disabilitas.

“Kami mengapresiasi KPU Surabaya untuk komitmennya dalam mendukung disediakannya akses bagi para penyandang disabilitas, dalam mempergunakan hak suaranya. Semoga Pilwali Surabaya 2015 tidak hanya berintegritas tetapi juga nondiskriminatif, dan aksesibel,” ujar Wuri. (Ep)

Leave a Reply