KPU Surabaya Umumkan Nominator #PahlawanMuda Apps Challenge

SURABAYA (kabarsurabaya.com) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya akan menggelar penjurian babak final dalam lomba aplikasi bertajuk #PahlawanMuda Apps Challenge Code For Vote 3.0 Surabaya 2015. Penjurian final ini akan berlangsung Minggu (15/11/2015) siang di Gedung Telkom Jl Ketintang Surabaya.

Setelah melalui serangkaian proses penilaian yang cukup ketat, KPU Surabaya yang bekerjasama dengan Perludem (Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi) akhirnya mengumumkan 25 aplikasi terbaik yang berhasil menjadi nominator dalam ajang tersebut. Para nominator inilah yang dinyatakan masuk ke tahap penjurian final.

Komisioner KPU Surabaya divisi Hukum, Pengawasan, SDM, dan Organisasi, Purnomo Satriyo Pringgodigdo menyebutkan, selam rangkaian proses pendaftaran, KPU Surabaya menerima 59 aplikasi yang dikirim secara individu maupun tim.

Karya-karya tersebut dibuat tidak hanya oleh pengembang aplikasi dari Surabaya, melainkan juga oleh pengembang aplikasi dari kota-kota lain di Indonesia.

“Dari 59 karya yang dikirim, akhirnya kami memilih 25 nominator yang terbagi menjadi lima nominator di kategori Crowdsourcing, lima nominator kategori Pemantauan, lima nominator kategori game, lima nominator kategori female, serta lima nominator di kategori disability,” kata Purnomo.

Lebih lanjut disampaikan dalam babak final, para nominator ini wajib mempresentasikan kelebihan aplikasinya secara langsung di hadapan pada dewan juri.

“Tujuannya untuk memperebutkan juara 1 dan 2 untuk setiap kategori,” terangnya.

Aplikasi-aplikasi yang keluar sebagai pemenang akan dipakai oleh KPU Surabaya, khususnya dalam proses sosialisasi Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Surabaya 2015. Walau begitu, paten atas aplikasi-aplikasi tersebut tetap melekat pada penciptanya.

“Karena paten menjadi milik pencipta, maka tidak menutup kemungkinan apabila mereka ingin menawarkan aplikasi tersebut untuk dimanfaatkan oleh KPU di daerah lain yang dalam Pilkada Serentak kali ini juga menyelenggarakan Pemilu,” lanjut Purnomo. (EP/KS/RED)

Tags: ,

Leave a Reply