2.1 C
New York
Jumat, Desember 9, 2022

Buy now

Pemkot Buat Website Khusus Pantau Reklame

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Untuk meningkatkan pelayanan di Surabaya, Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) Pemkot Surabaya membuat website khusus untuk mengetahui dan memberikan informasi tentang reklame, melalui reklame.cktr.web.id/reklame_online.

Kepala DCKTR Eri Cahyadi mengatakan bahwa website yang sudah dibentuk sejak 2015 awal ini untuk mengontrol informasi reklame, serta untuk alat kontrol dari pemasangan reklame yang tidak memiliki izin..

“Semua bisa dilihat di sini. Pemilik reklame juga bisa melihat apakah reklame yang dipasangnya itu masih aktif atau tidak,” kata dia, Selasa (20/10/2015).

Tak hanya itu saja, ia mengatakan bahwa pihaknya juga memberikan ruang untuk masyarakat agar saling koreksi, dimana masyarakat juga bisa membantu mengontrol adanya reklame yang tidak pada tempatnya.

Selain itu, ketika membuka reklame online ini, ada tiga kriteria reklame yang bisa dilihat, yakni reklame ber-SIPR (surat izin penyelenggaraan reklame), reklame dalam proses perizinan dan pemasangan, serta reklame yang masuk dalam daftar pembongkaran.

“Semua kriteria reklame ini ada dalam peta. Dan untuk mengetahuinya, setiap kriteria reklame ditandai dengan warna yang berbeda,” lanjutnya.

Mengenai penggunaan warna ini, warna merah adalah untuk reklame yang sudah habis masa aktifnya dan harus segera diperpanjang, lalu warna kuning ialah peringatan reklame yang akan memasuki masa habis berlakunya.

“Lalu warna hijau ini, reklame yang aman, artinya masih aktif. Dan warna biru ini yang masih proses perpanjangan dan atau pendirian baru,” katanya.

Eri menjelaskan pemantau reklame online ini ialah semua pihak yang terkait, seperti Satpol PP juga bisa memantau melalui website ini. Sehingga pemilik reklame bisa membuktikan apakah miliknya itu mati atau tidak dengan ditandai di dalam peta itu.

“Peta ini mencangkup seluruh Surabaya. Tanda ini bisa di-klik. Jadi tahu ohh ini reklame milik siapa, ada di mana, lalu mendirikan mulai kapan,” terangnya

Sementara Kepala Satpol PP Pemkot Surabaya Irvan Wudyanto mengungkapkan saat ini apapun bisa dilihat melalui website tertentu.

“Sudah saatnya kita pakai yang namanya IT. Kami sangat terbantu dengan data itu,” kata dia ketika dikonfirmasi. (Kj/Ep)

Related Articles

Stay Connected

22,764FansSuka
3,601PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles