20.2 C
New York
Rabu, Juni 16, 2021

Buy now

Pendaftaran Pilwali Surabaya Berpeluang Diperpanjang




SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memberikan rekomendasi terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memperpanjang masa pendaftarn khusus untuk tujuh kabupaten/kota yang masih memiliki calon tunggal, yaitu Taksikmalaya, Kabupaten Blitar, Kota Mataram, Kota Samarinda, Kabupaten Timor Tengah Utara, Kabupaten Pacitan dan kota Surabaya.

“Untuk memenuhi hak politik warga negara melalui parpol, Bawaslu merekomendasikan kepada KPU untuk memberikan kesempatan kembali dengan memperpanjang waktu pendaftaran khusus untuk 7 daerah yang belum memenuhi syarat adanya 2 calon (calon tunggal),” ujar Ketua Bawaslu, Muhammad dalam keterangan persnya Rabu (5/8/2015).

Mengenai jumlah hari perpanjangan, Bawaslu menyerahkan hal tersebut kepada KPU karena masih adanya kepentingan pengaturan teknis selanjutnya. Namun, Muhammad memberikan sinyal perpanjangan selama tujuh hari pendaftaran, karena selama rapat koordinasi dengan pemerintah dan KPU banyak aspirasi yang berkembang menyebutkan kemungkinan perpanjangan tujuh hari mulai Kamis (6/8/2015).

Bawaslu juga memastikan bahwa KPU tidak akan mengubah tanggal pemungutan suara apabila pendaftaran untuk tujuh kabupaten-kota tersebut dibuka untuk ketiga kalinya.

Muhammad juga meminta kepada partai politik untuk benar-benar menjalankan fungsi kaderisasi dan fungsi rekruitmen politik yang sehat dan tidak melibatkan mahar-mahar politik maupun hanya sebagai calon boneka untuk menghadirkan pasangan calon.

“Maka parpol harus benar-benar mempersiapkan kader terbaik, jangan sampai hanya sebagai pelengkap,” tegas Muhammad.

Lebih lanjut dia menjelaskan, Bawaslu akan segera menerbitkan rekomendasi itu kepada KPU, untuk ditindaklanjuti dalam rapat pleno.
Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik menyatakan bahwa KPU akan mematuhi rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang akan memperpanjang waktu pendaftaran pemilukada, terkait pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak dengan calon tunggal.

“Kira-kira alternatifnya adalah perpanjangan, tapi harus siap rekomendasinya seperti apa. Jadi saat ini sifatnya masih tentative, sambil menunggu rekomendasi dari Bawaslu,” ujar Husni. (Edmen Paulus)




Related Articles

Stay Connected

21,995FansSuka
2,508PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles