Risma Selesai, Pj Walikota Mulai Bertugas

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Masa kerja Walikota Surabaya, Tri Rismaharini resmi berakhir hari ini, Senin (28/9/2015). Dan sebagai penggantinya, Kepala Inspektorat Jatim Nurwiyatno, dilantik sebagai Pj Wali Kota Surabaya.

Nurwiyatno menggantikan posisi Tri Rismaharini sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Surabaya, sampai pemilihan Walikota Surabaya selesai dan Walikota definitive dilantik.

Pelantikan Pj Walikota yang dilakukan Gubernur Jatim Soekarwo, di Gedung Negara Grahadi ini ditandai, dengan penyerahan memori jabatan dan penandatangan pakta integritas antara Nurwiyatno dan Risma.

Dalam sambutan di acara pelantikan itu, Gubernur Jatim Soekarwo meminta Pj Walikota Surabaya Nurwiyatno selalu menjaga suasana kondusif, hingga terpilih dan dilantiknya kepala daerah hasil Pilkada serentak, 9 Desember 2015.

“Jangan sampai terjadi kegaduhan,” tegas Soekarwo di Gedung Negara Grahadi, Senin (28/9/2015).

Pakde, sapaan akrap Soekarwo juga meminta, Pj kepala daerah setelah dilantik, untuk segera melakukan silaturahmi ke pejabat Forpimda, tokoh masyarakat, dan stakehoders terkait.

“Silaturahmi pertama lalukan dengan pimpinan dan anggota DPRD untuk memperkuat fungsi pemerintahan,” tegas Pakde.

Selain melantik Pj Walikota Surabaya, dalam kesempatan tersebut, Gubernur juga melantik empat kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Jatim sebagai Pj Bupati/Wali Kota di empat daerah lain, yang menggelar Pilkada serentak.

Dianataranya adalah, Kepala Badan Diklat Akmal Boedianto sebagai Pj Bupati Gresik, Kepala Dinas PU Bina Marga Supaad sebagai Pj Bupati Jember, Asisten I Sekdaprov Jatim Zainal Muhtadien sebagai Pj Bupati Situbondo, dan Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Sudjono sebagai Pj Bupati Ngawi.

Massa Aksi Dukung Risma

Pelantikan Pejabat (Pj) Wali Kota Surabaya yang dilakukan Gubernur Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi ini juga diwarnai massa aksi oleh beberapa warga, diantaranya dari Kelurahan Jambangan, Kelurahan Keputran dan Sidotopo.

Namun berbeda dengan aksi-aksi yang sering terjadi, kali ini warga yang melakukan aksi, yang kebanyakan adalah dari anggota PKK, lebih kepada pemberian ucapan terima kasih kepada Tri Rismaharini, sewaktu menjadi Walikota Surabaya.

Massa aksi membentangkan poster ‘I Love U Risma’ sebagai perwujudan rasa cinta masyarakat Surabaya pada Risma.

“Kami hanya ingin mengucapkan terima kasih pada Bunda Risma, yang telah menjadikan Surabaya sebagai kota kebanggaan kita semua,” ucap salah seorang peserta demo dari Sidotopo. (Edmen Paulus)

Leave a Reply