Car Free Day Surabaya Ditiadakan Sementara

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Khusus hari Minggu ini (17/1/2016) warga Surabaya bisa melewati jalur pusat kota yaitu Jalan Raya Darmo, Jalan Tunjungan dan Jalan Kertajaya yang biasanya dipakai untuk kegiatan Car Free Day (CFD). Hal ini dikarenakan kegiatan CFD untuk sementara ditiadakan hingga perkembangan lebih lanjut.

Car Free Day Surabaya Ditiadakan Sementara

Keputusan ini merupakan hasilkan dari rapat di kantor Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pemerintah Kota Surabaya yang dihadiri Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkot Surabaya terkait diantaranya BLH, Dinas Perhubungan, Dinas Kebersihan dan Pertamanan serta Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Bakesbang Linmas). Termasuk dari Polrestabes Surabaya dan juga beberapa komunitas yang selama ini aktif menyemarakkan gelaran Car Free Day.

“Hasil rapat merekomendasikan, untuk sementara, pelaksanaan kegiatan CFD di lokasi ketiga jalur utama ituditiadakan, Minggu besok ini bisa dilintasi kendaraan,” ujar Novi Dirmansah, Kepala Bidang Pengendalian Dampak Lingkungan, Jumat (15/1/2016).

Novi juga menambahkan, meskipun untuk sementara kegiatan CFD di Surabaya tidak digelar, tetapi  masyarakat Kota Pahlawan yang terbiasa berolahraga di hari Minggu pagi, tetap bisa menyalurkan hobi olahraganya.

“Masyarakat tentu saja tetap bisa berolahraga. Tapi kegiatan CFD dan penutupan jalan, sementara ditiadakan” sambung Novi.

Lebih jauh Novi juga memaparkan bahwa Dinas Perhubungan akan menertibkan peralatan penutup jalan agar tidak terjadi penutupan jalan oleh masyarakat.

“Masyarakat juga kami himbau untuk tidak menutup sepihak jalan-jalan yang biasanya digunakan sebagai pusat kegiatan CFD tersebut,” tambahnya.

Sementara itu, Kabid Perlindungan Masyarakat Bakesbang Linmas Kota Surabaya, Agus Purnomo menegaskan, mengacu pada saran dari Satuan Intelkam Polrestabes Surabaya, Car Free Day untuk sementara ditiadakan dengan pertimbangan situasi dan kondisi keamanan.

“Makanya ini kami sosialisasikan kepada warga. Intinya masyarakat tidak perlu takut, tetapi harus meningkatkan kewasapadaan,” ujar Agus.

Agus menambahkan, Bakesbang bersama Satpol PP juga akan menempatkan personel di setiap lokasi yang biasa dipakai CFD, untuk memberikan informasi kepada masyarakat perihal ditiadakannya CFD untuk sementara waktu. (Ep)

Leave a Reply