Hubungkan Teluk Lamong dengan Tol, Flyover JLLB Surabaya Mulai Dibangun

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Jalan Lingkar Luar Barat (JLLB) Surabaya, dipastikan akan terkoneksi dengan tol Surabaya dan Terminal Teluk Lamong, guna meningkatkan nilai tambah yang signifikan pada perputaran ekonomi.

Hal ini disampaikan Walikota Tri Rismaharini pada kesempatan ground breaking interkoneksi JLLB-tol-akses terminal Teluk Lamong, Jumat (25/9/2015)

“Dengan adanya interkoneksi ini, dampak ekonominya akan sangat luar biasa. Dan beban angkutan barang bisa tereduksi hingga 80 persen,” kata Risma.

Lebih jauh Risma menjelaskan, peran jalur interkoneksi JLLB, tol dan akses terminal Teluk Lamong ini strategis untuk mengintegrasikan konsep pengembangan pelabuhan Teluk Lamong dengan pengembangan wilayah lain Surabaya.

“Untuk pengerjaan interkoneksi ini, fisiknya akan dikerjakan PT Pelindo III dan pengembang. Sedang pengembang Sinar Mas yang juga sebagai pemilik lahan tersebut, akan membuat jalan lanjutan yang menyambung hingga ke kawasan ground breaking JLLB di Citraland,” terangnya.

Sementara itu, Direktur Teknik dan Teknologi Informatika PT Pelindo III, Husein Latief menegaskan bahwa pihaknya akan bekerja keras untuk segera menuntaskan interkoneksi ini dengan mencontohkan pembangunan jalan tol Denpasar yang dikerjakan hanya dalam 11 bulan.

“Mudah-mudahan pembangunan flyover ini juga bisa cepat seperti pembangunan tol Bali,” ujarnya.

Husein juga menambahkan, dengan pembangunan flyover ini, maka Terminal Teluk Lamong sebagai multipurpose terminal yang penting di Pelabuhan Tanjung Perak, akan mudah diakses melalui Jalan Lingkar Luar Barat yang menghubungkan Surabaya utara dan selatan. (Edmen Paulus)

Leave a Reply