14.3 C
New York
Kamis, Oktober 6, 2022

Buy now

Hari Asyura, Abah Taufiq Berbagi dengan Anak Yatim Piatu

Sidoarjo, (kabarsurabaya.com) – H Moh Taufiqulbar, tokoh masyarakat Sidoarjo mengisi dan memperingati Hari Asyura 10 Muharram 1444 Hijriah dengan melakukan santunan anak yatim piatu. Sebelum pelaksanaan santunan, Abah Taufiq yang pernah maju Calon Wakil Bupati Sidoarjo ini  juga mengajak membaca beberapa bacan surat Al Qur’an dan berbuka buka bersama dengan puluhan anak yatim piatu di Yayasan Al-Khasanah, Desa Entalsewu, Kecamatan Buduran, Sidoarjo, Senin (8/8/2022).

“Banyakkeutmaan dan amln sunah di Hari Asyura. Ini adalah satu hari yang disebut paling istimewa dan memiliki kemuliaan di sisi Allah SWT, yaitu hari Asyur tanggal 10 Muharram,” kata Abah Taufiq.

Disampaikan, sejarak 10 Muharram sangatlah panjang tidak hanya diperingati Umat Nabi Muhammad SAW, naun juga sudah diperingati mulai dari zaman Nabi-Nabi sebelum Nabi Muhammad SAW. Beberapa riwayat disebutkan banyak sekali peristiwa penting yang terjadi di hari Asyura tersebut.

Seperti Nabi Adam ‘alaihissalam bertobat kepada Allah dari dosa-dosanya dan tobat tersebut diterima oleh Allah di hari Asyura, Diciptakannya bumi dan seisinya, berlabuhnya kapal Nabi Nuh di bukit Zuhdi dengan selamat, setelah penduduk dunia dilanda banjir yang menghanyutkan dan membinasakan, selamatnya Nabi Ibrahim ‘alaihissalam dari siksa raja Namrud, berupa api yang membakar.

Nabi Yusuf ‘alaihissalam dibebaskan dari penjara Mesir akibat fitnah, Nabi Yunus ‘alaihissalam, keluar dari perut ikan hiu.  Nabi Ayyub ‘alaihissalam disembuhkan Allah dari penyakit kulitnya yang menahun, hingga Nabi Musa ‘alaihissalam dan umatnya kaum Bani Israil selamat dari kejaran Fir’aun di Laut Merah.

“Masih banyak lagi peristiwa lain yang terjadi di hari sepuluh Muharram ini, Maka kita selain menyantuni Yatim Piatu juga melakukan syiar dan dakwa akan pentingnya hari Asyura ini,” terang Abah Taufiq yang pernah menjabat Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Sidoarjo ini.

Dikatakan, pada hari Asyura atau 10 Muharram umat Islam memang dianjurkan melakukan sejumlah amalan sunnah untuk memperingatinya. Nabi Muhammad sendiri juga menyampaikan terdapat amalan yang dapat dikerjakan pada 10 Muharram sebagai wujud rasa syukur kepada Allah serta mengenang kejadian di hari tersebut.

Sementara itu, sebelum berbuka puasa di bulan Muharram, dirinya mengajak pihak yayasan dan para santri dan anak yatim piatu membaca bersama sejumlah bacaan surat Al-Quran. Seperti, surat Ar Rahman, Al Waqiah, Al Mulk dan lainnya. Dirinya langsung memimpin bacaan surat tersebut.

Terlihat, Abah Taufiq dengan khusyuk membaca surat-surat Al Quran yang telah dihafalnya itu, dilfpatkannya dengan fasik. “Semoga apa yang dikerjakan sekarang mendapat ridho dan barokah dari Allah SWT,” pungkasnya.

Sementar itu, Gus Chaeroni dari Yayasan  Yayasan Al-Khasanah, Desa Entalsewu, Kecamatan Buduran, Sidoarjo, mengatakan berterima kasih atas kepedulian Abh Taufiq yang berkunjung dan berbagi kebahagiaan di tempatnya.  “Semoga amal baiknya dicatat Allah dan segala hajatnya dikabulkan,” katanya. (KS)

Related Articles

Stay Connected

22,764FansSuka
3,517PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles