Holcim Bangun Pabrik di Tuban Untuk Penuhi Permintaan Jatim dan Indonesia Timur

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Guna meningkatkan efesiensi dan efektifitasnya, PT Holcim Indonesia Tbk. akan meresmikan pabrik semen terbarunya yang berlokasi di Tuban Jawa Timur.

Dikatakan Corporate Communication Superintendent Holcim Indonesia Deni Nuryandain, pembangunan pabrik Tuban ini untuk memenuhi besarnya permintaan pasar di Jawa Timur dan wilayah Indonesia Timur,

“Dengan adanya pabrik Tuban ini, maka distribusi untuk Jawa Timur dan Kawasan Timur Indonesia tidak perlu lagi dipasok dari Jawa Tengah atau Jawa Barat. Dan ini juga akan memotong biaya opertasional yang cukup besar,” ujarnya di Surabaya, Kamis (20/8.2015).

Deni juga menjelaskan bahwa pabrik yang berlokasi di Jalan Raya Glondonggede Tuban ini nantinya akan memiliki kapasitas total yang lebih besar dibandingkan dengan pabrik di Cilacap karena memiliki dua plan dengan kapasitas masing-masing 1,7 juta ton pertahun.

“Jadi kalau di total dua plan itu akan menghasilkan 3,4 juta ton pertahun. Denan demikian kapasitasnya menjadi lebih besar dibandin pabrik kami yang ada di Cilacap Jawa Twngah,” jelas Deni.

Pabrik yang rencananya diresmikan Menteri Perindustrian, Saleh Husin pada Senin (24/8/2015) ini adalah infrastruktur ketiga yang dimiliki Holcim di Indonesia, karena sebelumnya, Holcim telah memiliki pabrik di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Apalagi lanjut Deni, pabrik Tuban ini sudah menggunakan teknologi canggih dan modern, yang tentu saja akan dapat mengurangi biaya operasional pabrik.

“Ini sesuai dengan komitmen kami untuk terus melakukan efisiensi, khususnya biaya operasional dan distribusi. Dampak jangka panjangnya, harga semen kami bisa lebih terjangkau oleh masyarakat luas,” katanya.

Karena itulah Holcim Indonesia selalu membangun pabriknya berdekatan dengan salah satu jalur transportasi. Ini lebih dikarenakan efisiensi biaya dan efektifitas bisa didapat.

Deni mencontohkan pabrik di Cilacap, Jawa Tengah yang dekat dengan jalur kereta api sehingga dalam melakukan distribusi dengan kereta api bisa lebih efisien.

“Begitu pula untuk pabrik di Tuban sangat dekat dengan pelabuhan sehingga semen Holcim seusai produksi bisa langsung dikirim lewat jalur tersebut,” katanya. (Edmen Paulus)

Leave a Reply