KAI Daop 8 Mulai Buka Pendaftaran Angkutan Motor Gratis Lebara 2016

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Setelah sukses menyelenggarakan angkutan motor gratis di masa angkutan Lebaran 2014 dan 2015 lalu, PT KAI kembali bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, menggelar angkutan motor gratis, dimana Pemerintah melalui Menteri Perhubungan RI, telah menetapkan masa angkutan lebaran 2016 untuk angkutan Kereta api dimulai pada tanggal 24 Juni sampai 17 Juli 2016.

Untuk mengurangi kepadatan dan tingkat kecelakaan di jalan raya yang disebabkan oleh sepeda motor, terutama pada saat penyelenggaraan Angkutan Lebaran.

KAI Daop 8 Mulai Buka Pendaftaran Angkutan Motor Gratis Lebara 2016

Dan pada angkutan Lebaran 2016 kali ini, untuk pertama kalinya PT KAI Daop 8 Surabaya melayani angkutan motor gratis. Angkutan motor gratis di Daop 8 Surabaya dilayani di dua Stasiun, yaitu Stasiun Surabaya Pasarturi dan Stasiun Babat.

Manager Humas Daop 8 Surabaya, Suprapto mengungkapkan, pendaftaran angkutan motor gratis pada masa arus balik Lebaran 2016 sudah bisa dilakukan mulai hari Kamis, 21 April 2016 sampai H-8 (8 hari sebelum) keberangkatan, di Kantor Ekspedisi muatan Kereta api yaitu PT Lintas Nusantara Persada (PT LNP) di komplek pergudangan Stasiun Surabaya Pasarturi dan Stasiun Babat.

“Masyarakat yang akan mendaftar juga harus membawa KTP, SIM dan STNK asli yang masih berlaku, beserta masing-masing 3 lembar fotokopinya, serta wajib menunjukan tiket balik, baik menggunakan KA, bus, maupun travel. Untuk nama pengirim harus sama dengan nama pemilik sepeda motor (antara nama di tiket dengan nama di STNK) tentu saja,” terangnya, Kamis (22/4/2016).

Suprapto menambahkan, untuk penyerahan sepeda motor untuk proses pengepakan dan pengangkutan ke dalam gerbong kereta begasi, dilakukan H-1 (1 hari sebelum pemberangkatan) di tempat mendaftar angkutan motor gratis.

Kereta api angkutan motor gratis dari Daop 8 Surabaya ini akan dioperasikan selama 7 hari operasi, yaitu saat arus balik mulai tanggal 10-16 Juli 2016, dengan menggunakan 1 rangkaian Kereta api barang yang membawa 7 gerbong bagasi. Dimana daya kapasitas 1 gerbong bagasi mampu mengangkut 58 motor.

Adapun jadwal perjalanan dan pemberhentian Kereta api angkutan motor gratis sebagai berikut: Stasiun Surabaya Pasarturi, Stasiun Babat, Stasiun Bojonegoro, Stasiun Cepu, Stasiun Ngrombo, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Pekalongan, Stasiun Tegal, Stasiun Cirebon Prujakan dan Stasiun Jakarta Gudang. (EP)

Leave a Reply