Peran Penting Sungai akan di Kongreskan

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Kongres Sungai Indonesia yang akan digelar kali pertama di Banjarnegara, Jawa Tengah, pertengahan Agustus 2015 mendatang, bertujuan untuk mengajak masyarakat agar lebih peduli dan sadar arti penting sungai untuk bangsa Indonesia.

Salah satu peran penting sungai bagi masyarakat yang masih berlaku di Kalimantan

Menurut Koordinator Kelompok Kerja Pra Kongres Sungai Indonesi Jawa Timur Bahrul Ulum, setidaknya ada enam isu strategis yang akan dibahas dalam pelaksanaan kongres. Diantaranya adalah isu pokok yang paling signifikan dibahas dalam kongres adalah tentang sungai sebagai daya dukung peradaban bangsa.

“Isu lain yang juga akan jadi bahasan dalam forum, adalah tentang peran sungai untuk mensejahterakan masyarakat. Dan dari sisi pengembangan energi terbarukan dengan memanfaatkan sungai, juga akan dibahas serius dalam arena kongres,” jelas Bahrul di Surabaya, Minggu (26/07/2015).

Pengembangan kawasan sungai sebagai kawasan ekowisata menurut Bahrul, juga akan jadi bahasan penting di kongres. Adapun untuk awalan kongres ini nantinya, akan digelar banyak kegiatan pra kongres, seperti yang akan digelar di Surabaya, 27-28 Juli 2015 dengan membahas empat dari enam isu pokok yang akan dibahas dalam kongres.

Pentingnya fungsi dan peran sungai di Indonesia untuk mendukung peradaban bangsa, disadari atau tidak, sudah berjalan sejak dulu hingga sekarang. Peran ini sangat strategis dan sudah terbukti mulai dari masa kejayaan kerajaan-kerajaan besar di Indonesia yang menggunakan sungai sebagai alur utama transportasi mereka kala itu,” urainya.

Menurut Bahrul, sebelum membawa isu-isu penting dalam arena kongres nantinya, semua daerah akan menggelar pra kongres, termasuk Jawa Timur yang akan dipusatkan di Surabaya.

“Kami akan mengawali bahasan ini melalui kegiatan pra kongres,” papar Bahrul.

Dalam pelaksanaan Kongres Sungai Indonesia yang akan digelar di Banjarnegara, Jawa Tengah itu menurut Bahrul, tidak hanya melibatkan orang-orang atau kelompok masyarakat yang selama ini berkutat dan paham dengan sungai. Tetapi juga masyarakat umum.

“Kami juga akan mengajak masyarakat agar lebih peduli dan sadar arti penting sungai untuk bangsa Indonesia,” pungkasnya (Edmen Paulus)

Leave a Reply