Underpass Surabaya Barat Senilai Rp 72 Milyar Mulai Dilakukan

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Underpass atau terowongan yang menghubungkan Jl Mayjend Sungkono dan Jl HR Muhammad Surabaya memasuki babak baru dengan dimulainya pengerjaan konstruksi yang ditandai dengan prosesi peletakan batu pertama tepat di bundaran satelit Mayjen Sungkono, Jumat (25/9/2015).

Dikatakan Walikota Surabaya Tri Rismaharini, underpass sepanjang 473 meter dengan lebar 19 meter ini akan berpadu dengan angkutan massal kota, karena pembangunan underpass ini memang bertujuan untuk memperlancar arus lalu lintas di kawasan itu.

”Nanti konsepnya underpass inu terdiri atas empat lajur dengan dua arah terpisah. Tentu ini akan mengurangi kemacetan pastinya,” terang Risma pada saat peletakan batu pertama di Bundaran Mayjen Sungkono, Jumat (25/9/2015).

Ditambahkan Risma, pembangunan underpass yang tadinya akan menggunakan dana dari APBD  dengan alokasi sebesar Rp 65 miliar, karena kemudian akan ditanggung oleh beberapa pengembang yang tergabung di DPD REI Jatim.

Oleh karena itu, dana tersebut  akan dialihkan ke program-program lain seperti pembangunan pedestrian dan saluran. Termasuk untuk pembebasan lahan untuk proyek forntage road di Jalan Ahmad Yani.

“Atas nama warga kota surabaya dan Pemkot, saya mengucapkan terima kasih pada DPD REI yang membantu penyiapan underpass,” katanya saat memberikan sambutan..

Sementara itu, Ketua DPD REI Jatim, Paulus Totok Lusida mengatakan, pengembang bersedia membantu pemkot membangun underpass karena disebabkan banyaknya pembangunan perumahan yang dilakukan pengembang, sehingga meningkatkan intensitas kendaraan..

”Karena itulah, kami merasa perlu untuk menyumbang berupa pembiayaan underpass. Dengan sumbangsih ini kita bisa menjawab sekaligus berpartisipasi membangun dan mengurai kemacetan,” ujar Totok.

Totok mengatakan sebanyak 20 hingga 30 pengembang akan bahu-membahu menuntaskan proyek underpass dengan biaya sebesar Rp 72 milyar ini, yang diperkirakan akan selesai dalam 1,5 hingga 2 tahun. (Edmen Paulus)

Leave a Reply