Accor dan Bank Mandiri Perkokoh Loyalitas Pelanggan Melalui Kerjasama

SURABAYA (kabarsurabaya.com) – Accor dan Bank Mandiri sepakat melakukan kemitraan global untuk memberikan nilai tambah dan manfaat lebih besar kepada pelanggan loyal kedua perusahaan, baik pemegang kartu debit dan kredit Bank Mandiri maupun para tamu hotel-hotel Accor.

Penandatangan kerjasama dilakukan oleh Direktur Consumer Banking Bank Mandiri Hery Gunardi dan Chief Operating Officer, Accor untuk Malaysia-Indonesia-Singapura Gerard Guillouet serta disaksikan Direktur Utama Bank Mandiri Budi G Sadikin, di Hotel Pullman, Jakarta

Salah satu bentuk kerjasama tersebut adalah joint marketing promo program sebagai langkah untuk memperkuat tingkat loyalitas nasabah pemegang kartu debit dan kredit Bank mandiri sekaligus memberi kenyamanan sistem pembayaran bagi para tamu hotel Accor.

Melalui kerjasama ini menurut Direktur Consumer Banking Bank Mandiri Hery Gunardi, pemegang kartu debit dan kredit Bank Mandiri dapat menikmati banyak program menarik di seluruh jaringan Accor di Indonesia, Malaysia dan Singapura hingga Desember 2015, termasuk diskon 10% bagi pemegang kartu kredit Mandiri dan program khusus menginap 3 malam seharga 2 malam.

“Program lain yang juga segera dapat dinikmati antara lain program fiestapoin dan powerpoint di Accor regional serta program khusus bagi pemegang Commercial Cards Mandiri. Para pelanggan tersebut cukup melakukan reservasi di www.accorhotels.com/bankmandiri.” Kata Hery dalam keterangan pers yang diterima kabarsurabaya.com Senin (25/5/2015).

Sementara itu Direktur Utama Bank Mandiri Budi G Sadikin mengatakan, kerjasama ini akan sangat menguntungkan kedua belah pihak karena Bank Mandiri dan Accor Hotels merupakan dua entitas bisnis yang cukup besar di masing-masing industri. Saat ini Bank Mandiri memiliki 3,6 juta pemegang kartu kredit dan lebih dari 12 juta pemegang kartu debit serta jumlah EDC terpasang sebanyak 285.947 unit di seluruh Indonesia.

“Kami akan terus bersinergi dengan merchant-merchant yang telah memiliki basis pelanggan yang kuat, untuk mengembangkan berbagai program promosi yang dapat memberikan nilai tambah bagi nasabah yang telah menempatkan dana dan bertransaksi di jaringan Bank Mandiri,” ujar Budi.

Hery Gunardi menambahkan, sinergi ini juga didasarkan pada semakin meningkatnya tingkat
pemanfaatan EDC sebagai sarana transaksi nasabah. Pada periode Januari – Maret, total transaksi menggunakan EDC Bank Mandiri mencapai 37,3 Juta transaksi dengan volume sebesar Rp32,2 triliun. Jumlah itu naik 22% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu dan salah satunya dibukukan oleh transaksi travel, hotel dan airlines.

“Kerjasama ini juga sangat potensial bagi Bank Mandiri untuk meningkatkan transaksi kartu kredit dan kartu debit Mandiri sejalan dengan program-program loyalitas yang terus dikembangkan perseroan. Kami akan segera menempatkan minimal satu mesin EDC di setiap jaringan Accor. Hingga saat ini 45 hotel dari 96 hotel Accor di Indonesia telah menggunakan EDC Bank Mandiri.” jelas Hery.

Pada periode Januari – Maret 2015, total transaksi menggunakan kartu debit Bank Mandiri mencapai 16,4 Juta transaksi dengan volume sebesar Rp12,1 triliun. Jumlah itu naik 49% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.​

Sementara transaksi menggunakan kartu kredit Bank Mandiri dalam tiga bulan pertama 2015
mencapai 8,4 juta dengan sales volume sebesar Rp 7,3 Trilliun atau naik 38% dibandingkan Januari – Maret 2014.

Sementara Gerard Guillouet mengatakan, Accor dan Bank Mandiri memiliki banyak kesamaan.
“Accor adalah operator hotel internasional terbesar di Indonesia sedangkan Bank Mandiri adalah
bank lokal terbesar di Indonesia. Jadi kami berdua adalah pemimpin di industri kami masing-masing,” ujar Gerard. (Edmen Paulus)

Leave a Reply